Belajar Matematika Bukan Menghapal Rumus


Olimpiade Matematika
Belajar Matematika Bukan Menghapal Rumus
Laporan wartawan Kompas Adi Sucipto

Selasa, 20 Juli 2010 | 14:40 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Trainer Olimpiade Matematika Nasional Benny Yong, (30) memberikan kiat dan tips agar sukses belajar Matematika yakni memahami konsepnya dengan baik. Alumni Magister Matematika Institut Teknologi Bandung tahun 2005 itu menyarankan untuk belajar matematika jangan menghafal rumus, tetapi berusaha untuk mengetahui bagaimana rumus itu diperoleh.

Hal itu disampaikan Benny dalam Seminar dan Bedah Buku Strategi Menyelesaikan Soal-soal Olimpiade Matematika di Gresik, Selasa (20/7/2010). Seminar itu diikuti 500 guru Matematika dan tutor bimbingan Matematika se-Kabupaten Gresik.

Benny yang sejak tahun 2002 aktif membimbing siswa peserta olimpiade Matematika dan menjadi juri kompetisi Matematika Tingkat Nasional menyarankan agar setiap guru mencoba untuk memberikan soal-soal yang menantang dan bervariasi kepada murid. Manfaatkan buku, internet dan forum diskusi untuk belajar mandiri lebih banyak, ujar Benny yang menulis buku Ketaksamaan (Inequality) serta Aljabar dan Teori Bilangan.

Bupati Gresik Robabch Ma'sum dalam kesempatan itu menyatakan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sangat penting. Seluruh aspek baik itu agama Islam membutuhkan Matematika, misalnya penghitungan zakat dan bagi waris. Selama ini matematika menjadi momok bagi murid sekolah. Kadang karena tidak suka pelajaran Matematika, murid jadi membenci guru matematika, ujarnya.

Robabch berharap agar seminar dan bedah buku kali ini dapat menjadi pencerahan untuk pembelajaran matematika kepada murid. Belajar Matematika akan lebih menyenangkan apabila konsepnya dipahami. Dengan semakin disukainya pelajaran matematika maka gengsi murid akan semakin tinggi, dan pada akhirnya akan terjadi peningkatan sumber daya manusia, paparnya.

Ketua Panitia Seminar dan Bedah Buku Strategi Menyelesaikan Soal-soal Olimpiade Matematika, M Najikh mengatakan Olimpiade Matematika merupakan ajang kompetisi Matematika paling bergengsi. Kami berharap agar banyak murid-murid di Gresik banyak ikut olimpi ade tersebut. Maka itu kami berharap agar para murid lebih dikenalkan oleh para gurunya tentang meteri Olimpiade Matematika sejak dini, kata Najikh.

Sumber: Kompas.Com
http://edukasi.kompas.com/read/2010/07/20/1440457/
Belajar.Matematika.Bukan.Menghapal.Rumus
 

0 komentar:

Poskan Komentar