Layanan Broadband di Indonesia Belum Memuaskan

JAKARTA--MI: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengakui layanan internet broadband (jalur pita lebar) di Indonesia masih kurang memuaskan.

Kami akui itu (layanan broadband Indonesia) yang ada saat ini memang masih kurang memuaskan, kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot S. Dewa Broto, di Jakarta, Senin (15/3).

Namun, ia menegaskan, pihaknya tidak tinggal diam mendapati kenyataan tersebut. Pihaknya bertekad mendorong keberadaan broadband agar mampu mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi semakin cepat. Kami sudah melakukan penataan, baik itu tender BWA maupun tender 3 G belum lama ini, katanya.

Upaya itu, menurut dia, merupakan bagian dari cetak biru dan master plan pemerintah untuk mengoptimalkan perkembangan broadband melalui providing/penyediaan infrastruktur yang proporsional. Ia juga mengakui bahwa keberadaan broadband tidak akan menimbulkan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi bila tidak ditunjang oleh ketersediaan infrastruktur pendukung yang lain.

Sejauh ini broadband di Indonesia tidak mengalami kendala yang berarti, artinya request atau demand memang tetap menanjak sesuai dengan kebutuhan baik untuk kepentingan corporate maupun kelompok masyarakat, katanya.

Ia menambahkan, pihaknya memegang fungsi melakukan penataan melalui tender yakni yang telah dilakukan ada tender BWA dan tender di area 3 G. Penataan tersebut sudah dipublikasikan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah ditentukan. Semua by request sesuai dengan kebutuhan kondisional yang ada, katanya.

Gatot menyadari pertumbuhan dan kebutuhan layanan broadband di kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia akan terus menanjak. Proyeksi serupa telah menjadi salah satu kesepakatan dalam pertemuan tingkat Menteri Komunikasi dan Informatika se-Asia Pasifik di Bali akhir tahun lalu.

Bahkan GSM Association (GSMA) merilis prediksi pertumbuhan broadband di Indonesia akan mencapai 9,3 sambungan sampai tutup tahun 2010. Karena itu, peningkatan kualitas layanan broadband di Indonesia mutlak dilakukan di antaranya melalui penataan yang baik dan pemberian dukungan infrastruktur lain, demikian Gatot S. Dewa Broto. (Ant/OL-06)

Sumber: Media Indonesia Online
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/15/129491
/92/14/Layanan-Broadband-di-Indonesia-Belum-Memuaskan
 

0 komentar:

Poskan Komentar