Sekolah Tak Siap Terapkan SKS


SISTEM PEMBELAJARAN
Sekolah Tak Siap Terapkan SKS

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menggulirkan sistem satuan kredit semester (SKS) pada tingkat SMP dan SMA dinilai sebagian pengamat pendidikan sebagai rencana yang lurang matang. Secara manajerial penerapan kebijakan ini di sekolah tidak siap.

'SKS itu kelihatannya indah, tetapi sebetulnya manajemen sekolahnya sendiri tidak siap.'
-- E. Baskoro Poedjinoegroho

SKS itu kelihatannya indah, tetapi sebetulnya manajemen sekolahnya sendiri tidak siap, ujar E. Baskoro Poedjinoegroho, Pembina Kolese Kanisius, ditemui usai diskusi Memerangi Keterbelakangan Pendidikan Indonesia, Rabu (25/8/2010), di Jakarta.

Baskoro mempertanyakan, setelah para siswa lulus dengan cepat, orientasi siswa selanjutnya belum jelas. Yang namanya sekolah, kata dia, tidak semata hanya mengejar kepandaian dan kecerdasan, tetapi harus ada pembelajaran nila-nilai kepribadian dan soft skill yang tidak bisa dipercepat.

SKS itu tidak cocok diterapkan di SMP dan SMA, ujar Baskoro.

Sebelumnya, diberitakan di Kompas.com (25/8/2010), BSNP sudah mengeluarkan panduan penyelenggaraan sistem SKS untuk tingkat SMP dan SMA/sederajat. Untuk SMP/SMA kategori standar, sistem SKS merupakan pilihan, sedangkan SMA/MTs mandiri dan standar internasional wajib menjalankan sistem SKS.

Sumber: Kompas.Com
http://edukasi.kompas.com/read/2010/08/26/11371840/
Sekolah.Tak.Siap.Terapkan.SKS.#

0 komentar:

Poskan Komentar