Empat dari Lima Warga Dunia Yakin Akses Internet itu Hak Asasi

HAMPIR sebanyak empat dari lima orang di dunia meyakini bahwa akses internet adalah hak asasi bagi mereka. Ini terbukti dalam jajak pendapat yang dilakukan BBC World Service yang dilansir BBC pada Senin (8/3).

Sekitar 79% dari 27 ribu orang responden dewasa menyatakan akses internet adalah hak asasi setiap orang. Dari hasil jajak pendapat terlihat jumlah responden yang sangat setuju internet sebagai hak asasi manusia mencapai 55%, agak setuju hampir 30%, agak tidak setuju hampir 10%, sangat tidak setuju hampir 7%, dan yang menjawab abstain juga hampir 7% dari total responden yang tersebar di 26 negara.

Secara umum 87% dari pengguna internet mengharapkan akses internet dapat dijadikan sebagai hak asasi. Sementara itu, 70% dari nonpengguna internet berharap agar mereka mendapat akses ke internet.

Berdasar hasil jajak pendapat, pengguna internet di Korea Selatan dan Nigeria berpendapat pemerintah negara manapun tidak layak untuk menerbitkan berbagai regulasi mengenai internet. Namun lain halnya lagi pendapat pengguna internet di China dan sebagian wilayah Eropa yang tidak setuju dengan pendapat tersebut.

Di Inggris, sebanyak 55 persen responden meyakini bahwa terdapat beberapa kasus yang memang membutuhkan regulasi pemerintah terhadap internet. Hasil jajak pendapat juga menunjukkan bahwa hal yang harus diwaspadai di internet di antaranya penipuan (hampir 33%), konten hal kekerasan dan pornografi (hampir 27%), dan ancaman privasi (20%).

Finlandia dan Estonia adalah sedikit dari beberapa negara yang telah lebih dulu menyatakan bahwa akses internet adalah hak asasi bagi warganya. Badan internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa pun mengakui bahwa akses internet harus diusahakan agar dimiliki oleh seluruh warga dunia.

Hak untuk berkomunikasi tidak bisa diabaikan. Internet adalah sumber paling potensial yang mencerahkan sepanjang sejarah, ungkap Sekretaris Jenderal Serikat Telekomunikasi Internasional (ITU) Hamadoun Toure seperti dikutip BBC.

Menurut Toure, pemerintah berbagai negara harus menjadikan internet sebagai infrastruktur dasar mereka, sama halnya sepert jalan, air, dan berbagai infrastruktur lainnya. Kita telah memasuki tahap masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan setiap orang harus memiliki akses utnuk berpartisipasi, ungkapnya.

Responden di negara-negara seperti Meksiko, Brasil, dan Turki sangat kuat menyuarakan akses internet agar menjadi sebuah hak asasi. Bahkan sebanyak 90% responden di Turki menyatakan hal tersebut. Korea Selatan, sebagai negara yang paling terhubung ke internet di dunia ini, menunjukkan mayoritasnya. Sebanyak 96% responden di negara tersebut sangat meyakini bahwa akses internet adalah hak asasi. (Mar/BBCnews/OL-04)

Sumber: Media Indonesia Online
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/09/128057
/46/7/Empat-dari-Lima-Warga-Dunia-Yakin-Akses-Internet-itu-Hak-Asasi

Saran Webmaster: Re: 'Empat dari Lima Warga Dunia Yakin Akses Internet itu Hak Asasi' - Tetapi Internet membawa banyak masalah ke Dunia Pendidikan!
http://teknologipendidikan.com/kebijakan-ict.html
Salam Pendidikan 
 

0 komentar:

Poskan Komentar